Skip to main content
herbal medicine universitas jember

Wahana Edukasi Tanaman Universitas Jember, Solusi Herbal Medicine Masa Kini

Herbal medicine universitas jemberNegara tropis seperti di Indonesia memiliki berbagai tanaman yang dapat dijadikan sebagai herbal medicine. Universitas Jember (UNEJ)  merupakan sebuah perguruan tinggi negeri terletak di kota Jember, kota berhawa tropis di bagian tenggara Provinsi Jawa Timur. Kampus UNEJ berada di kawasan ramah lingkungan sehingga memberikan ketenangan melaksanakan kegiatan akademik, dengan basis kehidupan agriculture yang unggul dalam pengembangan sains, seni dan teknologi berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial. Berdasarkan Webometrics (Webometrics Ranking of Universities) Universitas Jember berada di posisi 23 dari 100 besar perguruan tinggi di Indonesia. Tepat berada diatas Universitas Mercu Buana Jakarta dan dibawah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebuah prestasi membanggakan untuk perguruan tinggi yang didirikan pada tanggal 10 November 1957 ini. Universitas Jember diakui secara nasional menjadi salah satu di antara 62 perguruan tinggi negeri yang mengalami perkembangan signifikan menjadi universitas unggulan di Indonesia dengan mengedepankan semangat harmonisasi dalam kehidupan di kampus.

Universitas Jember sekarang kini memiliki Wahana Edukasi Tanaman Obat (WETO). Diresmikan pada tanggal 23 Oktober 2015 menjadi etalase dari tanaman obat nusantara yang berada di Agrotechnopark Jubung. Weto sebagai salah satu tempat wisata edukasi untuk mengenal berbagai macam tanaman obat di Indonesia. Di kawasan WETO dikembangkan sebuah klinik kesehatan herbal yang menggunakan obat alami dalam memberikan pengobatan terhadap pasien. Obat alami pada umumnya berasal dari tanaman, mengandung lebih dari satu komponen aktif, dimana sudah dikembangkan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu dan terus diwariskan kepada generasi berikutnya.

Wahana Edukasi Tanaman Obat tersebut, diharapkan dapat menjadi aset strategis Universitas Jember yang tidak hanya bermanfaat bagi warga kampus tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah dalam hal pemgembangan tanaman obat alami, yakni:

  1. Menjadi sarana penunjang kegitan tridarma terpadu bagi civitas akademika Universitas Jember dan perguruan tinggi lainnya.
  2. Menjadi wahana pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang diharapkan dapat selalu memberikan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terbaru dan dinamis.
  3. Membantu pemerintah dibidang pengembangan agrowisata yang berbasis pendidikan dan pertanian industrial, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian wilayah yang diharapkan dapat menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

herbal medicine universitas jember

Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember dibangun diatas lahan seluas 13 Hektare dan dikelola oleh UPT Agrotechnopark Universitas Jember. Wahana dibagi menjadi 3 cluster yaitu  cluster  agrowisata edukasi, agroindustry dan training center. Wahana Edukasi juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, yang dalam jangka panjang tentu saja fasilitas-fasilitas ini akan terus ditambah,yakni:

  1. Wahana terdiri dari kebun tanaman obat, gedung yang menyerupai akar tanaman jahe yang menampilkan pemanfaatan dari tanaman obat, green house sebagai etalase anggrek dan tanaman obat, serta wahana permainan anak yang diharapkan memiliki keunikan sendiri. Desain dari taman tanaman obat dibangun hampir menyerupai seperti taman bunga yang ada di Eropa.
  2. Wahana dilengkapi sarana praktikum lapang, pusat industri pengembangan dan pengolahan keilmuan dalam hal herbal medicine.
  3. Taman tanaman obat ini dilengkapi dengan sebuah gedung produksi dan gedung pengemasan obat alami.

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke wahana tersebut, berikut ini peta lokasi yang bisa dipergunakan sebagai panduan perjalanan:

herbal medicine universitas jember

Wahana Edukasi Tanaman Obat Solusi Herbal Medicine Kebanggaan Universitas Jember dan sebagai salah satu mahasiswa unej saya berharap untuk kedepannya wahana ini akan terus berkembang dalam kesehatan herbal dengan menemukan tanaman baru yang dapat dijadikan sebagai pengobatan herbal yang mudah diproduksi , bebas bahan kimia, mudah diperoleh, multi khasiat, tidak menimbulkan efek samping dan lebih ekonomis untuk kebutuhan masyarakat baik didalam maupun diluar Jember.

😃+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar